"Pameran DKV Metamorvisual!" Apa yang Terjadi Jika...

metamorvisual Reply 8:56 PM

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target pasar atau masyarakat, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah. Pada prinsipnya Desain Komunikasi Visual adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat,  terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran.
Dilatar belakangi hal tersebut, kami mahasiswa Program Studi Seni Rupa, Konsentrasi Desain Komunikasi Visual Unnes tergerak untuk menyelenggarakan pameran akademik  sebagai ajang apresiasi bagi khalayak sekaligus sebagai pembuktian eksistensi dan kreativitas desainer muda (calon desainer). Pameran ini diselenggarakan dengan tema Metamorvisual. Metamorvisual berasal dari kata Metamorfosis yang mempunyai arti perubahan bentuk / susunan / peralihan bentuk sedangkan Visual adalah sesuatu yang dapat dilihat dengan indra pengelihatan. Tema tersebut diangkat  untuk menyampaikan pesan  tentang perubahan-perubahan di lingkungan kita, baik perubahan yang bersifat positif maupun perubahan yang bersifat negatif. Perubahan tersebut  bisa berupa imajinasi dari peserta pameran atau perubahan yang benar-benar akan terjadi di masa depan.
Tagline “apa yang terjadi jika” digunakan sebagai sumber inspirasi setiap karya yang dipamerkan.  Desainer akan berandai-andai tentang perubahan-perubahan yang akan terjadi di masa depan.  Misalnya apa yang terjadi jika manusia terlalu bergantung pada teknologi, desainer mungkin berpikir bila itu terjadi maka manusia akan kehilangan sisi kemanusiaannya untuk bersosialisasi secara langsung dengan manusia lainnya.  Ide tersebut bisa diwujudkan dalam beberapa karya Desain Komunikasi Visual sesuai imajinasi, persepsi, interpretasi dan kreasi setiap peserta pameran.
Inti dari setiap karya adalah menyampaikan pesan-pesan perubahan.  Harapannya dengan adanya pesan-pesan perubahan yang disampaikan oleh peserta pameran dapat  memberi informasi tentang fenomena-fenomena yang terjadi saat ini dan dampak fenomena tersebut di masa depan , sekaligus memberikan dorongan kepada masyarakat untuk senantiasa melakukan perubahan ke arah yang positif.

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

Popular Posts